Gap Data Geografi Di Daerah


pulau-pulau terluar Indonesia di Papua

Mengutip berita yang merilis jumlah pulau setelah survei nama-nama pulau di Indonesia yang dilakukan Tim Nasional Pembakuan Nama Rupabumi sejak tahun 2007 hingga akhir 2010 menunjukkan jumlah pulau di Indonesia 13.466 pulau. Meski ini masih laporan sementara, jumlah pulau di Nusantara tidak lebih dari itu.  Kepala Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional Asep Karsidi menyampaikan hal ini pada Lokakarya ”Peranan UNGEGN (United Nations Group of Experts on Geographical Names) dalam Menunjang Kegiatan Tim Nasional dan Panitia Pembakuan Nama Rupabumi” di IPB International Convention Centre, Kamis (7/4) di Bogor.

Pertanyaan yang menggelitik saya adalah apakah daerah memiliki data yang sama mengenai jumlah pulau yang ada dalam lingkup wilayah administrasinya? Sebuah pertanyaan yang saya tahu jawabannya tidak… berdasarkan apa yang saya lihat dari wilayah wilayah yang saya datangi memang ada gap besar dalam kaitan dengan data geografi di wilayah-wilayah.

Atau mungkin karena sebagian besar wilayah yang saya kunjungi adalah wilayah wilayah pedalaman. Entahlah yang pasti wilayah-wilayah di kepualauan seperti Yapen atau wilayah lain di Papua misalnya tidak memiliki data geografi yang cukup termasuk diantaranya data-data mengenai jumlah pulau yang ada. Sementara kegunaan data tersebut sangatlah besar dalam kaitan dengan perencanaan wilayah. Keterbatasan data geografi sementara ini belum dianggap masalah oleh wilayah-wilayah tertentu karena tingkat kepedulian terhadap pentingnya data spatial masih sangat rendah. Sharing data geografi antara pusat dan daerah harusnya mulai dilakukan sejak sekarang. Sehingga daerah memiliki data geografi yang lengkap dan mampu menggunakan data tersebut untuk perencanaan wilayah.

 

 

 

About Musnanda

GIS Specialist, Regional Planner and Knowledge Manager
This entry was posted in Geografi, Indonesia. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s