Spatial Mainstreaming


Sketsa Palangkaraya di Hotel Amaris

Spatial atau spasial dalam konteks Indonesia mustinya bukan hal baru lagi. Sebuah negara besar sangat memerlukan visi mengenai spatial yang bagus untuk mempu mengelola wilayahnya dengan baik dan benar. Mulai dari jaman VOC dan jaman kolonialisme dulu diketahui bahwa kemampuan akan penggunaan dan aplikasi spatial memungkin sebuah negara mengexplorasi sumber daya alam dengan lebih baik.

Tentu saja dalam kaitan dengan pembangunan di Indonesia dengan wilayah yang luas, maka ide untuk memasukan aplikasi spatial dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan sangat diperlukan. Ada banyak daerah yang belum aware akan pentingnya data dan aplikasi spatial dalam pengambilan keputusan. Mungkin bukan hanya tidak mengetahui tetapi lebih pada ketidak tahuan akan pentingnya pengambilan data.

Bekerja dengan MDGs dua tahun terakhir membuat saya berkenalan akrab dengan Gender issue termasuk bekerja juga dengan inisiatif gender main streaming dalam berbagai sektor pembangunan manusia di Papua. Analogi yang ada adalah bagaimana menempatkan penting isu data spatial dalam setiap kegiatan terkait ruang dalam bentuk spatial main streaming campaign.

Sebagai isu lintas sektor, data dan informasi spatial sangat diperlukan dalam membuat perencanaan yang lebih baik, Maka dari itu usaha untuk meng-arusutamakan- keruangan dalam perencanaan harus menjadi isu bersama yang harus dilakukan sesegera mungkin.

About Musnanda

GIS Specialist, Regional Planner and Knowledge Manager
This entry was posted in Geografi, Geography, GIS, Indonesia and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s